D'Bio Blog

Beranda » perkuliahan » Komputer I (Dasar) » Membuat master slide pada power point

Membuat master slide pada power point

Orang goblog baru belajar ngeblog biar bisa mendukung go blog, oke kesempatan kali ini saya mau coba sedikit share tentang power point. Biasanya power point banyak digunakan oleh mahasiswa, guru maupun dosen sebagai media presentasi. Namun terkadang media presentasi yang dibuat berwarna-warni, alih-alih membuat peserta tertarik tapi justru membuat bosan dan kehilangan konsentrasi yang cukup. Kenapa demikian?

Hal ini terjadi karena ketika kita melihat suatu objek mata kita tidak dapat langsung fokus, sehingga berpengaruh pada tingkat konsentrasi kita. Terlebih ketika melihat power point yang setiap slide warnanya berbeda dari yang terlalu cerah menjadi redup, kemudian cerah lagi. Ketika slide berganti maka mata kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan fokus.

Untuk menjaga fokus dan konsentrasi perlu dilakukan pembuatan media presentasi yang simple tetapi tetap menarik, salah satunya dengan menggunakan fasilitas master slide. Fasilitas ini akan membuat setiap slide memiliki motif dan warna yang sama, namun tetap menarik sehingga konsentrasi peserta terjaga. Langsung aja ya prakteknya:

  1. Buka lembar kerja power point
  2. Klik menu view, kemudian pilih menu slide master

SM-1

Apabila sudah aktif maka sebelah kiri menu “Home” akan terdapat menu “Slide Master”

  1. Kemudian kita akan membuat slide master pembuka, klik pada slide ke-2

SM2

  1. Kemudian edit sesuai keinginan anda, misal seperti iniSM-2
  2. Kemudian kita buat tombol sesuai kebutuhan (misal: Home, Pendahuluan, Materi, Simulasi, Evaluasi dll), kali ini kita akan membuat tombol “HOME”. langkah-langkahnya:
    1. Insert shapes, kemudian gambar pada area slide
    2. Klik kanan shape, pilih edit text
    3. Klik shapes HOME, kemudian klik insert pilih actionSm3
    4. Maka akan muncul kotak dialog sebagai berikutSm-3

pada menu mouse click, pilih Hyperlink to Kemudian pilih first slide. apabila ingin menambahka efek suara, beri tanda checklist pada play sound.

  • Kemudian klik OK

Maka tombol HOME sudah dapat digunakan, atur letak sesuai keinginan anda. Berikutnya kita akan membuat tombol menu yang lainnya, kali ini kita akan membuat tombol “PENDAHULUAN”. Langkah-langkahnya sama dengan membuat tombol “HOME”, namun diganti dengan “PENDAHULUAN” kemudian pada hyperlink to kita pilih “slide…” seperti pada gambar berikut.
sm-4kemudian setelah itu pilih link slide yang berisi pendahuluan. Maka tombol pendahuluan sudah dapat difungsikan, tombol lainnya tinggal ditambahkan. Apabila ingin membuat tombol untuk keluar dari slide show power point, maka pada hiperlink to dipilih yang “END SHOW”

Untuk membuat slide pada bagian content (slide ke-3 dari atas), kita tinggal copy paste saja dari slide pembuka (slide ke-2). Cuma mungkin tombolnya bisa ditambahkan agar berbeda dengan slide pembuka, bisa ditambahkan tombol “NEXT” and “BACK”.

kalau pengen download dalam bentuk word=> Membuat master slide pada power point


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Jam

%d blogger menyukai ini: